Rabu, 03 November 2010

Pengenalan Bahasa Pemrograman C++

Bahasa C++ adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1980-an. Bahasa C++ adalah evolusi atau pengembangan dari bahasa C yang dikembangkan oleh Brian W. Kerninghan & Dennis M. Ritchie dari AT & T Laboratories.

Sebenarnya kedua Bahasa Pemrograman ini (C dan C++) memiliki sintaks yang sama tetapi memiliki perbedaan. Bahasa C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang kecil. Sedangkan bahasa C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman Berorientasi Objek, dimana penyelesaian suatu masalah C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari objek-objek fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotnya dan kemampuan objeknya, setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class. Dan C++ adalah program yang case-sensitive atau membedakan huruf besar dan huruf kecil.

Struktur Bahasa C++

Contoh program C++

#include <iostream>

// Ini Program Pertamaku...

using namespace std;

int main()

{

cout << "Ini Program Pertamaku..";

return 0;

}


Hasilnya :
Contoh Program C++


Penjelasan Program

#include <iostream>
Kalimat yang berawalan dengan tanda # adalah preprocessor directive. Ini merupakan header dari bahasa C++. Ini bukan merupakan baris kode yang dieksekusi, tetapi indikasi untuk kompiler. Dalam Kasus ini #include <iostream> memberitahukan preprocessor kompiler untuk menyertakan header file standar iostream. Iostream merupakan library untuk proses I/O (Input dan Output) data. Jadi #include <iostream> merupakan header standar dari C++. Masih banyak header-header yang lain yang mempunyai fungsi masing-masing.

// Ini Program Pertamaku...
Ini adalah baris komentar karena diawali dengan tanda dua garis miring (//). Ini adalah baris yang tidak akan dieksekusi. Ini tidak berpengaruh terhadap program karena tidak akan dieksekusi. Jadi boleh ditulis atau tidak. Fungsi Komentar adalah untuk menjelaskan isi dari program tersebut, atau untuk observasi terkait dengan program tersebut.

int main()
Baris ini mencocokan pada awal dari deklarasi fungsi main. Fungsi main merupakan titik awal dimana seluruh program C++ akan mulai dieksekusi. Diletakan diawal, ditengah atau diakhir program, isi dari fungsi main akan selalu dieksekusi pertama kali. Pada dasarnya, seluruh program C++ memiliki fungsi main. main diikuti oleh sepasang tanda kurung () karena merupakan fungsi. pada C++, semua fungsi diikuti oleh sepasang tanda kurung () dimana, dapat berisi argumen didalamnya. Isi dari fungsi main selanjutnya akan mengikuti,berupa deklarasi formal dan dituliskan diantara kurung kurawal ({}), seperti dalam contoh.

{
Ini adalah tanda Kurung kurawal buka yang berfungsi menandakan awal program.

cout << "Ini Program Pertamaku..";
Ini adalah baris program. cout merupakan kode untuk mengeluarkan tulisan ke monitor (fungsi output). Ini berkaitan dengan header #include <iostream> yang tadi sudah dijelaskan. Jadi kalau #include <iostream> nya tidak ditulis jadi proses Output maupun Input tidak akan jalan. Kode cout wajib diikut tanda <<. "Ini Program Pertamaku.." ini merupakan kalimat yang akan ditampilkan kemonitor. Jadi untuk membuat teks agar nampil di monitor harus diawali dengan tanda petik dua (") setelah itu diikuti teks yang mau ditampilkan lalu diakhiri dengan tanda petik dua (") lagi. Nah dalam C++ setiap akhir kode harus ditambahkan tanda semicolon (;) dan ini WAJIB. Karena karakter ini merupakan tanda akhir dari instruksi kode.

return 0;
Instruksi return menyebabkan fungsi main() berakhir dan mengembalikan kode yang mengikuti instruksi tersebut, dalam kasus ini 0. Ini merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengakhiri program.

}
Ini adalah tanda Kurung kurawal tutup yang berfungsi menandakan akhir program.

Gimana tidak terlalu sulitkan bahasa C++..??
Maaf jika penjelasannya terbalik-balik ini karena penulis juga lagi belajar c++..

Baca Juga...



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Fungsi tanda "" dalam bahasa c apa kaak?

Posting Komentar

.: Kritik & Saran sangat diharapkan untuk menjadi lebih baik ^.^ :.

Bookmark and Share
CopyRight © 2010 - 2011 by spyc0dz
=[ BorneoCrew ]=